Senin, 21 Juli 2008

Mukhlisîn

Mukhlisîn

Dalam surat al-Bayyinah [98]: 5, Allah swt berfirman
وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ
Artinya: “Dan tidaklah kamu diperintah keculai untuk beribadah kepada Allah dengan berlaku ikhlash karena menjalankan perintah-Nya.”
Ikhlâsh secara harfiyah berarti bersih. Namun demikian, dalam kosa kata bahasa Arab terdapat beberapa kata yang juga berarti bersih seperti nazhîf, shafî, dan lain-lain. Akan tetapi, arti ketiga kata tersebut tidaklah persis sama. Kata nazhîf lebih menunjukan arti keteraturan dan kerapian. Sementara, shafî menunjukan arti bersih, murni tanpa campuran sama sekali. Sedangkan ikhlâsh berarti bersih setelah sebelumnya ada campuran. Pekerjaan memisahkan antara air dan minyak yang bercampur disebut ikhlâsh.
Kata ihklâsh digunakan dalam ibadah, dikarenakan bersihnya ibadah manusia itu bukanlah tanpa campuran sama sekali. Sebab, hati manusia dalam bahasa al-Qur’an disebut qalb yang berarti “berubah dan bolak balik”. Begitu juga, syaithan yang menggoda manusia disebut al-Khannas yang berarti ” sesuatu yang selalu hilang timbul” (Q.S. an-Nas [114]: 4-5), karena mengikuti sifat hati yang selalu berobah dan bolak balik sehingga dalam sebuah hadits disebutkan:
ان الشيطان جاثم على قلب الإنسان اذا غفل وسوس واذا ذكرالله خنس
Artinya: “Sesungguhnya syaithan berada dalam hati setiap manusia, apabila manusia itu sedang lengah ia datang dan jika sedang ingat Allah ia bersembunyi.”
Perasaan suka, duka, senang, susah, dan berbagai perasaan yang saling berlawanan lainya selalu hadir dalam hati manusia, terkadang dalam saat yang bersamaan termasuk dalam beribadah. Ketika manusia beribadah akan muncul unsur lain yang mencampurinya, seperti ria, sum’ah dan sebagainya. Namun, segera manusia berusaha menghilangkannya agar ibadahnya kembali bersih dari motivasi lain selain Allah, itulah yang disebut ikhlâsh. Sehingga ikhlâs dalam beribadah berarti, membersihkan niat ibadah dari motivasi lain selain Allah.
Ada beberapa keuntungan yang diperoleh bagi orang yang berlaku ikhlâs, diantaranya:
1. Terhindar dari syirik (ria dan sum’ah)
Ria disebut syirik kecil, karena seseorang dianggap mempersekutukan Allah dengan yang lain. Orang yang ria biasanya melaksanakan ibadah atas dorongan dan motovasi lain selain Allah, seperti ingin dipuji manusia, ingin dihargai, dihormati, diberi kedudukan, mendapat simpati dan sebagainya. Bukankah dalam surat al-Baiyinah [98]: 5 di atas, Allah telah menegaskan bahwa manusia hanya disuruh beribadah, semata demi menunaikan kewajibannya kepada Allah.
Dalam surat al-Ma’un [107]: 6, Allah juga menegaskan bahwa salah satu manusia yang diangap celaka adalah “orang yang ria dalam beribadah” seperti dalam shalat dan sebagainya.
Di akhirat nanti, ketika manusia berbondong-bondong datang kepada Tuhan menerima balasan amal mereka, orang yang ria beribadah akan diejek Tuhan dengan ucapan seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits Nabi saw
اذهبوا الى الذين كنتم تراءون فى الدنيا فانظروا هل تجدون عندهم الجزاء
Artinya: “Pergilah kamu meminta pahala kepada orang yang kerenanya kamu beribadah, dan lihatlah apakah mereka mendapatkan balasan dari mereka?”

2. Terhindar dari perasaan sedih tidak dihargai, karena penghargaan bukan dari manusia tetapi dari Allah
Manusia yang haus akan penghargaan orang lain akan selalu tersiksa ketika orang lain tidak menghargai perbuatannya baiknya. Tetapi, manusia yang ihklâsh tidak akan pernah merasa kecewa jika orang lain tidak menghargai perbuatan baiknya, dan tidak pula merasa bangga akan penghargaan mereka. Karena, bagi orang yang ikhlâsh perhargaan yang diharapkan itu bukan dari manusia, tetapi dari Allah. Begitulah yang digambarkan Allah swt dalam surat al-Fath [48]: 29, tentang ciri-ciri umat Muhammad. Firman-Nya
….تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا….
Artinya:“…engkau lihat mereka ruku’ dan sujud hanya mencari karunia dari Allah dan keredhaan-Nya…”
Begitu juga dalam surat al-Insan [76]: 9 Allah berfirman
إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا
Artinya: “Hanya sesungguhnya kami memberi kamu makan untuk mengharapkan keredhaan Allah, kami sedikitpun tidak menginginkan dari kamu balasan dan tidak juga ucapan terima kasih.”
Dalam surat al-Lail [92]: 18-21 Allah juga berfirman menyebutkan kelompok manusia yang dijauhkan dari neraka-Nya dan dipisahkan dari para pendosa.
الَّذِي يُؤْتِي مَالَهُ يَتَزَكَّى(18)وَمَا لِأَحَدٍ عِنْدَهُ مِنْ نِعْمَةٍ تُجْزَى(19)إِلَّا ابْتِغَاءَ وَجْهِ رَبِّهِ الْأَعْلَى(20)وَلَسَوْفَ يَرْضَى(21)
Artinya: “Yaitu, orang yang memberikan hartanya untuk mensucikan. Dan tidak sedikitpun balasan yang diharapkannya. Kecuali hanya karena mencari keredhaan Tuhannya Yang Maha Tinggi.”
Ikhlâsh dapat diibaratkan seperti orang yang buang air besar. Ketika “sesuatu” itu keluar, dia tidak pernah bersedih apalagi menggerutu atas perginya “sesuatu “itu. Dia melakukan itu dengan senang hati dan merasa puas, karena hal itu dianggap suatu kebutuhan. Itulah sebabnya Tuhan memperingatkan manusia dalam surat al-Baqarah [2]: 264
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَى كَالَّذِي يُنْفِقُ مَالَهُ رِئَاءَ النَّاسِ…
Artinya: “Dan janganlah kamu membatalkan pahala shadaqahmu dengan menyebut-nyebutnya apalagi menyakiti penerimanya sama seperti orang yang memberi karena ria terhadap manusia....”
3. Jauh dari sikap pamrih
Sikap pamrih adalah sikap mengharapkan sesuatu imbalan dari sebuah pekerjaan. Apakah bentuknya simpati, penghormatan ataupun materi. Sikap ini merupakan larangan Allah swt, seperti yang terdapat dalam surat al-Mudatstsir [74]: 6
وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ
Artinya: “Janganlah kamu memberi dengan mengharap balasan yang lebih banyak.”
Sikap tanpa pamrih, adalah sikap yang menjadi ciri khas setiap nabi dan rasul Allah. Lihat misalnya surat yunus [10]: 72, nabi Nuh as membantah anggapan kaumnya.
فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَمَا سَأَلْتُكُمْ مِنْ أَجْرٍ إِنْ أَجْرِيَ إِلَّا عَلَى اللَّهِ وَأُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ
Artinya: “Saya tidak pernah meminta balasan dari kalian atas perbuatanku karena balasanku hanyalah dari Allah.”
Begitu juga yang dikatakan nabi shalih as kepada kaumnya, seperti firman Allah dalam surat Hud [11]: 51
يَاقَوْمِ لَا أَسْأَلُكُمْ عَلَيْهِ أَجْرًا إِنْ أَجْرِيَ إِلَّا عَلَى الَّذِي فَطَرَنِي أَفَلَا تَعْقِلُونَ
Artinya: “Wahai kaumku aku tidak pernah meminta balasan dari kalian sesungguhnya balasanku dari Tuhan Yang menciptakanku.”
Nabi Hud as. juga mengatakan hal yang sama kepada kumnya “dan saya tidak pernah meminta balasan dari kamu semua karena balasan saya dari Tuhan semesta alam” (Q.S. asy-Syu’ara’ [26]: 127. Begitu juga nabi Luth as mengatakan kepada kaumnya, “ dan saya tidak pernah meminta balasan dari kamu karena balasan saya dari Tuhan semesta alam” (Q.S. asy-Syu’ara’ [26]: 164. Selanjutnya, nabi Syu’aib as juga mengatakannya kepada kaumnya “ dan saya tidak pernah meminta balsan dari kamu atas perbuatanku karena balasanku dari Tuhan semesta alam (Q.S. asy-Syu’ara’ [26]: 180. Dan terakhir Nabi Muhammad saw, juga mengatakan hal yang senada kepada umatnya “Katakanlah (Muhammad) saya tidak pernah meminta balasan dari dakwah dan perbuatanku kepadamu kecuali siapa yang menginginkan maka dia akan mengambil jalan Tuhannya (Q.S. al-furqan [25] : 55.
Dengan demikian, orang yang berlaku ikhlâs dalam berbuat baik atau beribadah, berarti dia sudah memiliki salah satu sifat istimewa para nabi dan rasul Allah. Sehingga, orang yang ikhlâs akan mendapat posisi di sisi Allah seperti layaknya para utusan Allah tersebut.
4. Terhindar dari gangguan iblis
Seorang yang berlaku ikhlas dalam beribadah, iblis merasa takut terhadapnya sehingga tidak berani mengganggunya. Ketakutan iblis tersebut muncul dari pengakuannya sendiri, seperti yang disebutkan Allah swt dalam surat al-Hijr [15]: 39-40
قَالَ رَبِّ بِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأُزَيِّنَنَّ لَهُمْ فِي الْأَرْضِ وَلَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ(39)إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ(40)
Artinya: “Iblis berkata: "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik perbuatan ma'siat di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya(39), Kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka (40).”
Terdapat dalam sebuah cerita, bahwa hiduplah seorang alim di suatu daerah yang mana sebagian penduduknya menyembah sebatang pohon. Makin hari, jumlah orang yang menyembah pohon tersebut semakin banyak, sehingga orang alim tersebut merasa berkewajiban menghentikan kemusyrikan dan mengembalikan manusia ke agama Tuhan yang benar. Maka, suatu malam sang alim mengasah sebuah kapak besar dan bermaksud untuk menebang batang pohon tersebut keesokan harinya.
Setelah selesai shalat subuh, berangkatlah orang alim itu menuju pohon yang disembah manusia dengan memikul sebuah kapak besar yang sangat tajam di pundaknya. Di tengah perjalanan, datanglah iblis dalam wujud manusia yang hitam dan berbadan kekar. Iblis bertanya kepada orang alim itu “Mau kemana engkau?” Orang alim itu menjawab “Saya hendak menebang pohon yang disembah manusia, karena telah menyesatkan mereka”. Iblis menjawab, “Lantas apa hubungannya dengan engkau? Yang pasti engkau bukan orang yang sesat dan ikut menyembahnya”. Orang alim itu berkata, “Justru itu saya berkewajiban mengembalikan manusia kepada keyakinan yang benar dengan menyembah Allah semata tanpa menyekutukan-Nya dengan yang lain”.
Karena masing-masing bersikeras dengan keyakinan dan keinginannya, maka perkelahian tidak dapat dielakan. Iblis pada awalnya sangat percaya diri akan mampu mengalahkan manusia tersebut, karena kekuatan yang dimilikinya. Namun, di luar dugaan iblis, ternyata orang alim itu dengan mudah mengalahkannya dan tanpa perlawanan yang berarti. Karena tidak berdaya mengahadapi orang alim itu, iblis kemudian meminta agar ia diberi ampun dan sebagai gantinya ia menjanjikan kepada orang alim itu, bahwa setiap selesai shalat dia akan memperoleh sejumlah uang emas dirham di bawah kain tempat sujudnya. Dengan catatan, orang alim tersebut bersedia mengurungkan niatnya untuk tidak menebang pohon itu.
Mendengar tawaran iblis, tekadnya untuk menebang pohon mulai goyah, ditambah lagi jika dia teringat isterinya yang selalu mengomel karena setiap hari kekurangan belanja. Akhirnya tawaran iblis diterima dan kembalilah orang alim ke rumahnya.
Ketika tiba waktu shalat orang alim melakukan shalat, dan setiap kali selesai shalat dia selalu menemui sejumlah uang dirham di bawah tikar sujudnya. Kondisi tersebut berlangsung selama beberapa hari, sehingga senanglah hatinya dan juga isterinya karena hidup mereka yang mulai berkecukupan. Namun, suatu hari setelah selasai shalat dia tidak lagi menemukan uang yang dijanjikan iblis kepadanya. Setelah beberapa kali shalat kondisinya tetap sama, sehingga memuncaklah amarah orang alim dan dia bergegas mengambil kapak besarnya, dan pergi hendak menebang pohon yang disembah manusia itu.
Di tengah perjalanan, kembali dia dihadang oleh iblis yang beberapa hari yang lalu melakukan hal yang sama terhadapnya. Seperti sebelumnya, terjadi pertengkaran hebat antara keduanya yang berujung pada perkelahian. Namun, kali ini iblis dengan mudah dapat mengalahkan orang alim tersebut sehingga dia “bertekuk lutut” kepada iblis tanpa perlawanan yang berarti. Setelah meminta ampun dan iblis melepaskannya, bertanyalah orang alim tentang sebab kemenangannya pada perkelahian pertama dan kekalahannya pada perkelahian kedua. Iblis menjawab “Dulu pada perkelahian pertama engkau menang terhadap saya, karena niatmu yang ikhlas karena Allah hendak menebang pohon, demi mengembalikan manusia ke jalan yang benar. Sedangkan pada perkelahian kali ini engkau kalah, karena niatmu menebang pohon bukan karena Allah dan juga bukan untuk mengembalikan manusia ke agama yang benar. Namun, dimotivasi oleh kemarahanmu karena tidak lagi mendapatkan uang dari saya”. Orang alim itu sangat menyesali perbuatannya dan meminta ampun kepada Allah. Begitulah orang yang berlaku ikhlas ditakuti oleh iblis. Sehingga dia terhindar dari gangguan dan godaanya.

Tidak ada komentar: